Tutorial Online dan segala yang berurusan dengan Internet

Etiologi penyakit jantung rematik


J
antung adalah organ terpenting yang bisa kita sebut sebagai organ utama dalam tubuh manusia. Posisi jantung bisa dikategorikan sebagai pusat aktivitas dalam tubuh manusia. Jika diibaratkan sebagai sebuah perusahaan besar yang memiliki anak cabang, jantung berperan sebagai perusahaan pusatanya. Jantung memberikan komando – komando terhadap organ yang lain dan peran jantung tidak dapat digantikan oleh organ manapun dalam tubuh kita. Namun sayangnya tugas jantung yang begitu berat harus dikerjakan seorang diri karena jantung hanya terdapat satu buah saja dalam tubuh manusia. Namun apapun itu syukur harus tetap dilantunkan kita terhadap Tuhan yang memberikan rotasi pada tubuh dengan begitu hebatnya. Apakah penyebab penyakit jantung rematik?
Etiologi penyakit jantung rematik dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.    Rusaknya katup jantung secara permanen. Kerusakan katup jantung ini bisa terjadi karena faktor teratogenik pada anak sejak lahir. Jika katup jantung rusak maka kerja jantung akan terhambat, kelainan katup jantung ini yang berpotensi 90% mengundang penyakit jantung rematik pada tubuh kita.
2.    Adanya infeksi oleh bakteri Stretococcus Hemolitikus. Bakteri ini pada umumnya terjadi pada infeksi saluran pernafasan yaitu pada tenggorokan. Mengapa bakteri ini dapat menimbulkan penyakit jantung?, Tenggorokan yang sudah terinfeksi bakteri Stretococcus Hemolitikus ini memberikan gejala awal berupa terjadinya demam pada tubuh kita. Demam ini kemudian memberikan efek kejang pada jantung sehingga demam ini biasa disebut demam reumatik yang terjadi yang berpotensi besar memberikan pengaruh negatif terhadap jantung sehingga gejala – gejala penyakit jantung bisa terjadi. Adapun gejalaya yaitu demam yang sangat tinggi  karena terdiagnosis adanya penyakit awal yaitu bakteri Streptococcus Hemoliticus yang terjadi pada saluran pernapasan. Kemudian demam tersebut memberikan efek kejang dan demam dapat terjadi pada tubuh secara bertahap denga proses yang berulang – ulang. Karena demam rematik tersebut kemudian terjadilah penyakit jantung rematik.
Etiologi penyakit jantung rematik ini biasa terjadi pada anak. Awasi setiap gejala yang terjadi pada anak anda.

Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Etiologi penyakit jantung rematik"

Back To Top Back To Top